Translate

Senin, 21 Januari 2013

Berpikir Tentang Usaha,Darimana Harus Memulai?

-->
Ada beberapa opsi tentang darimana harus memulai suatu usaha, diantaranya yaitu:
1.      Niat
2.      Peluang (pasar)
3.      Ide
4.      Modal
5.      Pengetahuan
Berbicara tentang pengetahuan, orang yang tidak tahu memiliki peluang, lebih baik daripada orang yang tahu tapi tidak memilki peluang. Untuk melihat peluang, kita bisa melihat pasar. Jadi, pengetahuan bisa didapatkan sembari kita melakukan usaha, bukan merupakan dasar untuk memulai usaha.
Sebuah usaha tidak mengharuskan kita untuk memilki modal. Misalnya dalam usaha produk baju, kita bisa merintis usaha dengan menjadi sales baju terlebih dahulu, sehingga kita tidak memerlukan modal. Setelah kita mendapatkan kepercayaan dari konsumen karena produk kita berkualitas dan produk yang kita jual selalu laku keras, kita mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, kita bisa menggunakannya untuk memulai usaha sendiri di bidang yang sama. Dengan pengetahuan dan kepercayaan yang telah diperoleh dari konsumen, apabila kualitas produk tidak berbeda jauh, maka dipastikan usaha kita pun pasti akan sukses. Jadi, usaha bisa dimulai dengan modal atau tanpa modal.

Suatu usaha bisa berawal dari ide atau peluang. Ide bisa muncul karena adanya suatu peluang, begitu pula sebaliknya, peluang bisa dimunculkan dari ide. Ide yang muncul untuk melakukan usaha kemudian perlu dipertimbangkan dulu layak atau tidaknya dengan melakukan studi kelayakkan.
-->
Perbedaan antara usaha yang didasari ide dengan usaha yang didasari peluang biasanya terletak pada orientasinya. Usaha yang berangkat dari ide, biasanya bukan berorientasi pada mencari keuntungan. Sedangkan usaha yang berangkat dari peluang, jelas bertujuan untuk memperoleh suatu keuntungan.
Usaha yang berangkat dari ide (diri sendiri) umumnya memiliki komitmen yang lebih kuat, karena dari idenya, wirausaha berusaha menciptakan peluangnya sendiri. Namun, usaha yang berangkat dari peluang umunya hanya berupaya menjawab tantangan, sehingga setelah peluang hilang, maka usahapun beralih.

KESIMPULAN
Usaha bisa dimulai dari suatu ide atau peluang, yang kemudian diuji layak atau tidaknya untuk dilakukan dengan studi kelayakan.

Sumber : Materi Mata Kuliah Kewirausahaan,26 September 2012
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar